Pendahuluan
1. Latar
belakang
The
body shope adalah sebuah merk kosmetik international yang beroprasi lebih dari
2100 outlet di 55 negara, yang melayani 77 juta pelanggan dalam 27 bahasa. Body
shop didirikan oleh Anita Roddick pada tahun 1976 di Brighton, Inggris.
Misi
body shop adalah mendedikasikan bisnis ini kea rah sosial dan perubahan
lingkungan kea rah yang lebih baik.
Prinsip
body shop biasanya berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan dan orang
sekitar kita.
Ini dibuktikan dengan adanya 5 slogan besar body
shop yaitu:
a. Protect
our planet
Adalah filosofi yang menginspirasikan
komitmennya untuk menjadi penjual yang bertanggung jawab atas lingkungannya.
Body shop berkomitmen untuk mensupport teknologi dan menggunakan material yang
ramah lingkungan dan dengan mempromosikan penggunaan sumber yang dapat
diperbaharui.
b. Against
animal testing
Body Shop percaya tidak ada binatang
yang harus dikorbankan untuk memproduksi produk. Ada banyak sekali bahan yang
memungkinkan untuk membuat produk dengan kualitas tertinggi, inovatif, efektif,
dan produk yang aman tanpa harus membahayakan binatang.
c. Support
community trade
Body shop mendukung perdagangan yang
jujur. Support community membuat hubungan langsung jual beli dengan komunitas yang terpencil di
seluruh dunia dimana kita dapat mendapatkan bahan natural dengan komunitas
tertinggi. Community trade merupakan kerjasama untuk merubah hal-hal yang tidak
menguntungkan.
d. Activite
self esteem
Merupakan berbicara tentang diri
sendiri, yaitu:
·
Self awardnes : kesadaran atas diri
sendiri
·
Self confidence: percaya diri
·
Self worth: menghargai diri sendiri
·
Self acceptance: menerima diri sendiri
Visi nya adalah
menjadikan semua orang bangga dan senang terhadap apa yang dimiliki oleh
dirinya sendiri.
e. Defend
human right
The body shop merupakan satu-satunya
produk kosmetik yang memiliki keperdulian tinggi terhadap bumi kita. “The Body
Shop” menyadari bahwa bumi kita sekarang ini sudah rusak oleh polusi,
bahan-bahan kimia, penggalian tidak terkendali dan pengrusakan lingkungan,
bahkan keadaan seperti ini juga turut mempengaruhi prilaku manusia menjadi
kurang baik.
The body shop mengajak kita bersama-sama
untuk memperbaiki bumi yang sudah rusak ini. Dengan cara selalu berusaha
meminimalkan dampak negative setiap proses bisnisnya bagi lingkungan. Dari
proses pemilihan bahan baku, produksi, pengemasan, distribusi, hingga ke tangan
pelanggan. The body shop menjalankan kebijakan untuk selalu menggunakan bahan
yang dapat di perbaharui.
The body shop tidak pernah dan tidak
akan pernah mengujicobakan bahan dasar maupun produk kepada binatang. The Body
Shop percaya kita tidak perlu mengorbankan binatang untuk kecantikan.
The Body Shop mebangun hubungan
perdagangan yang saling menguntungkan dengan masyarakat melalui program
community trade. The Body Shop memproleh bahan baku bermutu sedangkan mereka
memproleh kemandirian sosial ekonomi/ harga yang layak.
Kesehatan tubuh dan ketenangan jiwa
merupakan perpaduan yang tidak dapat ditawar lagi. Keduanya harus semaksimal
mungkin diusahakan seimbang dan berjalan secara bersamaan serta saling
mendukung satu sama lain sehingga kita akan dapat menjalani hidup kita tanpa
beban dan menghargai hidup kita. Segala sesuatu yang positif berasal dari hati dan jiwa yang
sehat.
Untuk dapat menjalani hidup ini dengan
sehat, yakni sehat fisik,mental,spiritual. Istirahat itu dapat dinikmati dan
dirasakan dengan baik apabila kita dapat mengistirahatkan seluruh tubuh dan
mental sejenak. Relaksasi adalah salah satu alternative yang dapat di tempuh
untuk mengistirahatkan fungsi fisik dan mental sejenak.
2. Tujuan
a.
Mengurangi tingkat ketegangan pikiran
(stress) para remaja dan dewasa muda.
b.
Menciptakan lapangan kerja baru
Body
Shop
1. Sejarah
body shop
Toko
pertama dari The Body Shop dibuka pada
tanggal 26 Maret 1976 di Brighton, di daerah Selatan pantai Inggris.
Pada tahun 1978 sebuah kios kecil
di Brussels menjadi toko franchise pertama yang dibuka di luar negri, dan di
tahun 1982 2 toko baru dibuka setiap bulannya.
Pada tahun 1985, di tahun
pertamanya sebagai perusahaan publik, The Body Shop mensponsori poster untuk
Greenpeace. Setahun kemudian, menciptakan sebuah Departemen yang menangani
Projek Lingkungan Hidup, saat kampanye besar The Body Shop adalah "Save
the Whale" bersama Greenpeace, pada tahun 1986. Dan pada tahun 1986
seorang pemasok di selatan india
memproduksi Produk Community Trade The Body Shop yang pertama, sebuah
Footsie Roller. Perdagangan Footsie Rollers ini berkembang menjadi perdagangan
dengan Teddy Exports di India, salah satu pemasok utama di Community Trade.
Pada tahun 1990, setelah satu
tahun peluncurannya di Amerika Serikat, terdapat 2,500 aplikasi untuk membuka
franchise, dengan permintaan produk The Body Shop yang terus menerus, melihat perkembangannya
di 39 negara hanya dalam waktu 14 tahun setelah toko pertama dibuka.dan pada
tahun 1990 didirikan The Body Shop Foundation, sebuah badan amal yang mencari
dana untuk kelompok perlindungan Hak – hak asasi manusia dan Lingkungan
hidup. Proposal The Big Issue untuk
membantu para tuna wisma, yang dimulai sebagai Proyek dari The Body Shop
Foundation, diluncurkan pada tahun 1991. Dan di tahun 1998 kesuksesan dari The
Body Shop Foundation terlihat saat peluncuran The Big Issue stateside, di Los Angeles.
The New Academy of Business
didirikan pada tahun 1995, atas inisiatif dari Anita Roddick. Gelar bidang
manajemen yang inovatif ini, menunjukkan kehidupan sosial, permasalahan
lingkungan hidup dan moral, berlangsung di The University of Bath, di Inggris.
Pada tahun 1993 The Body Shop
meluncurkan sebuah kampanye internasional besar untuk meningkatkan kesadaran
akan keadaan menyedihkan dari masyarakat Ogoni dan pemimpin mereka Ken
Saro-Wiwa. Mereka dianiaya karena melakukan protes terhadap perusahaan minyak
Shell dan eksploitasi tanah air mereka oleh kediktatoran pemimpin Nigeria. The
Body Shop At Home, bagian penjualan langsung, diluncurkan di Inggris pada tahun
1994, di Kanada pada tahun 1995, di Australia pada tahun 1997, dan di Amerika
Serikat pada tahun 2001. Sampai saat ini sudah berjalan di 48 negara bagian di
Amerika Serikat dan terus berkembang. The Body Shop melanjutkan untuk
meningkatkan praktek ramah lingkungannya. Di tahun 2001, The Body Shop di
wilayah Inggris dan kantor pusat pelayanan di Watersmead, mengubah ke sistem
Ecotricity, yang memberikan mereka energi dari sumber yang bisa diperbaharui.
Sebagai tambahannya, beberapa toko The Body Shop saat ini berganti ke sistem
listrik yang ramah lingkungan.
Kesuksesan kampanye termasuk kampanye melawan
uji coba pada binatang. Kampanye tersebut mengarah ke larangan uji coba produk
dan bahan kosmetik ke binatang di seluruh Inggris pada bulan November 1998, dan
mengarah kepada petisi yang terbesar (4 juta tanda tangan) yang dikirimkan ke
Komisi Eropa pada tahun 1996.
Di tahun 1997, The Body Shop
menjadi perusahaan kosmetik internasional pertama yang menandatangani the
Humane Cosmetics Standard, yang didukung oleh kelompok perlindungan binatang
internasional. Pada tahun 1995 dan 1997 The Body Shop Values Reports
diperkenalkan sebagai pelopor oleh United Nations Environmental Programme and
Sustainability, dan berada di urutan tertinggi pada tinjauan laporan
International Corporate Environmental. Di
tahun 1997, The Body Shop merayakan ulang tahunnya yang ke 21dengan meluncurkan
desain toko terbaru, yang memenangkan penghargaan bergengsi Retail Week Store
Design of the Year.
Untuk merayakan ulang tahun ke 50
dari Universal Declaration of Human Rights pada tahun 1998, The Body Shop
meluncurkan sebuah kampanye internasional bekerja sama dengan Amnesty
International untuk menyoroti kejadian buruk yang menimpa pembela hak – hak
asasi manusia di seluruh dunia, mendorong para pelanggan untuk memberi dukungan
melalui 'Make Your Mark' atas hak – hak asasi manusia. Kampanye ini berjalan
dengan sukses dan berhasil mendapatkan dukungan dari 3 juta orang.
Pada tahun 1999, The Body Shop
menciptakan 4 unit bisnis di Inggris, Eropa, Amerika dan Asia mengubah sistem
operasi dan struktur manajemen ke wilayah masing - masing. Tahun 2001 menjadi
tahun pertama peluncuran The Body Shop customer reward program di Amerika
Serikat. Hal ini menjadi sangat populer, saat ini menjadi kunci utama pemasaran
global, dikenal sebagai program Love Your Body (di Indonesia dikenal sebagai The
Body Shop People Membership Program) dengan memberikan penghargaan kepada
pelanggan potongan 10% dari semua pembelian, hadiah gratis dan sebuah hadiah
ulang tahun, serta keuntungan – keuntungan lain yang hanya bisa didapatkan oleh
anggota. The Body Shop membuka cabangnya di Afrika Selatan pada Juni 2001,
melalui New Clicks Holdings sebagai pemegang lisensi franchise The Body Shop di
Afrika Selatan. New Clicks memiliki komitmen yang kuat terhadap tanggung jawab
sosial perusahaan melalui New Clicks Foundation.
Selama tahun 2002, The Body Shop
menjalankan sebuah kampanye global bersama Greenpeace International untuk
mempromosikan energi yang bisa diperbaharui, yang puncaknya terjadi pada
presentasi dari lebih 6 juta tandatangan pelanggan di the World Summit for
Sustainable Development di Johannesburg. Kami memajukan komitmen kami terhadap
ketahanan lingkungan hidup melalui investasi pada energi yang dapat
diperbaharui, mendanai proyek efisiensi energi untuk membangun dunia, dan
mendampingi daur ulang setelah pemakaian kedalam keemasan kami.
Selama tahun 2003 The Body Shop
meluncurkan sebuah kampanye untuk meningkatkan kesadaran dan mencari dana untuk
mereka yang terkena dampak kekerasan dalam rumah tangga. Kampanye Stop Violence
In The Home dibangun selama hampir satu dekade mengkampanyekan permasalahan ini
di berbagai pasar, termasuk Kanada, Amerika Serikat dan Malaysia Barat.
Kampanye ini bertujuan untuk menyoroti permasalahan tersebut, mencari dana
untuk mendukung kelompok yang menolong korban – korban kekerasan, dan
memastikan bahwa para pelanggan dan para karyawan disediakan informasi yang
cukup tentang sumber nasihat dan bantuan.
Anita Roddick ditentukan menjadi
seorang Dame dari Kerajaan Inggris sebagai bagian dari pemberian tanda jasa
memperingati hari ulang tahun Ratu Inggris pada hari Sabtu tanggal 14 Juni
2003. Selama tahun 2003 The Body Shop membuka tokonya di Estonia dan Turki.
Pada tahun 2004 The Body Shop
adalah perusahaan retail pertama yang bergabung dengan the Board of the
Roundtable for Sustainable Palm Oil, bekerjasama dengan NGOs dan perkebunan
untuk melindungi hutan tropis dan memperbaiki hak – hak asasi dari para pekerja
dan penduduk setempat.
Pada tahun 2005 The Body Shop
bergabung dengan The Campaign for Safe Cosmetics dan diberi pujian oleh
Greenpeace dan Breastcancer Fund karena tanggungjawab kami terhadap kebijakan
kimiawinya. Di tahun 2005 The Body Shop mendapatkan penghargaan atas
keberhasilannya mencapai standar yang lebih tinggi pada bidang kesejahteraan
binatang di kategori kosmetik pada penghargaan tahunan The Royal Society of
Prevention of Cruelty to Animals di Inggris. Sebuah juri panel independen
memilih The Body Shop sebagai pemenangnya karena kebijakan kami tentang
perlawanan terhadap uji coba binatang. Pada tahun 2005 The Body Shop membuka
cabangnya di yordania dan rusia, jumlah took di seluruh dunia menjadi 2.045
toko.
Pada tanggal 27 Maret 2006 The
Body Shop berulang tahun ke 30. Pada tahun 2006 The Body Shop memenangkan
penghargaan PETA's Proggy (progress) karena komitmen yang loyal terhadap
pencegahan uji coba terhadap binatang. Pada tahun 2006, sebagai bagian dari
kelanjutan Stop Violence in the Home, The Body Shop menciptakan kerjasama
dengan United Nations Secretary – General’s Study on Violence Against Children,
untuk melakukan penelitian tentang pengaruh kekerasan dalam rumah tangga pada
anak – anak. The Body Shop menjadi bagian dari L'Oréal Group dan dihapus dari
Bursa Efek London pada tanggal 12 Juli 2006. Dengan tetap mempertahankan
identitas uniknya serta nilai – nilainya dan terus bebasis di Inggris.
Beroperasi secara independen dalam L'Oréal Group dan dijalankan oleh tim
manajemen The Body Shop yang melapor langsung kepada CEO L'Oréal, Jean-Paul
Agon.
Pada tanggal 10 September 2007,
penemu dan inspirasi, Dame Anita Roddick, secara menyedihkan meninggal dunia
pada usia 64. Warisan dan inspirasi beliau terus berjalan di The Body Shop. Pada
tahun 2007 The Body Shop menggabungkan kekuatan dengan MTV dan bersama
meluncurkan kampanye HIV/AIDS yang ditujukan untuk mengumpulkan dana dan
meningkatkan kesadaran terhadap isu HIV/AIDS di kalangan anak-anak muda,
melalui Spray to Change Attitudes. Lebih dari 430.000 didapatkan dari penjualan
wewangian Limited Edition Rougeberry. Dana yang terkumpul disalurkan ke Staying
Alive Foundation, sebuah badan amal yang mengumpulkan dana bersama Organisasi
grass roots, meningkatkan kesadaran dan mengedukasi generasi muda dan generasi
terancam tentang HIV dan AIDS.
Pada Januari 2008 Sophie
Gasperment bergabung bersama The Body Shop, menjabat sebagai Chief Executive
sejak Juni 2008. Pada bulan Agustus 2008 diluncurkan tampilan brand baru dari
The Body Shop.
2.
Analisa
Identitas Logo dan Nama
Sekilas, logo The Body Shop terlihat seperti berada dalam
lingkaran. Namun bila diamati lagi, bentuk lingkaran tersebut menyerupai bentuk
benih tanaman. Hal ini bisa berkaitan dengan konsep produk The Body Shop yang eco-friendly,
dan bersahabat dengan alam. Benih juga merupakan awal mula dari suatu kelahiran
dan bertumbuh menjadi individu (pohon) yang berguna untuk lingkungan, sehingga
dapat diartikan sebagai awal yang baru, dan tidak menimbulkan dampak negatif
yang terlalu besar untuk lingkungan.
jenis tulisan yang digunakan oleh The Body Shop adalah Yoga
Sans. Tidak banyak unsur dekoratif yang terdapat pada jenis tulisan. Makna yang
terpancar dari jenis tulisannya ialah tegas, konsisten, dan serius.
Warna yang digunakan oleh logo tersebut adalah Darkgreen.
Jika dikombinasikan dengan jenis tulisan, warna ini membuat logo terlihat lebih
‘playful’ sehingga terasa dapat cocok untuk segala usia. Namun
dikarenakan penggunaan warna yang mudah dan merata ke seluruh bagian logo, The
Body Shop dapat mengganti warna logo untuk berbagai keperluan sesuai dengan
warna latar belakangnya. Sebagai contoh, produk dengan kemasan biru logonya
berwarna putih, dan lain sebagainya.
3.
Produk
Produk
utama The Body Shop ialah produk perawatan tubuh, hampir segala keperluan dari
atas rambut sampai ujung kaki tersedia pada produknya. Beberapa contoh produk
The Body Shop sampai sekarang ialah:
a. Perawatan Tubuh
Wajah:
Pembersih wajah, masker wajah, pelembab, perawatan mata, perawatan bibir, sabun
pencuci muka, serum.
b. Badan: Deodoran, lotion, perawatan
tangan dan kaki, sabun badan, scrub, perawatan kuku.
c. Rambut: Shampoo, conditioner,
perawatan rambut, hair styling.
d. Kosmetik: Bedak, blush-on, lipstik,
peralatan make-up.
e. Parfum: cologne, parfum wanita,
parfum pria, lilin/aromaterapi.
f.
Aksesoris:
Sikat badan, peralatan perawatan kuku, loofah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar